Minggu, 18 November 2012

Jejaring Sosial


Jejaring sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang dijalin dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai, visi, ide, teman, keturunan, dll.

Analisis jaringan jejaring sosial memandang hubungan sosial sebagai simpul dan ikatan. Simpul adalah aktor individu di dalam jaringan, sedangkan ikatan adalah hubungan antar aktor tersebut. Bisa terdapat banyak jenis ikatan antar simpul. Penelitian dalam berbagai bidang akademik telah menunjukkan bahwa jaringan jejaring sosial beroperasi pada banyak tingkatan, mulai dari keluarga hingga negara, dan memegang peranan penting dalam menentukan cara memecahkan masalah, menjalankan organisasi, serta derajat keberhasilan seorang individu dalam mencapai tujuannya.

Dalam bentuk yang paling sederhana, suatu jaringan jejaring sosial adalah peta semua ikatan yang relevan antar simpul yang dikaji. Jaringan tersebut dapat pula digunakan untuk menentukan modal sosial aktor individu. Konsep ini sering digambarkan dalam diagram jaringan sosial yang mewujudkan simpul sebagai titik dan ikatan sebagai garis penghubungnya.

Sejarah Kemunculan Jejaring Sosial

Jejaring sosial muncul atas dasar ide untuk menghubungkan orang-orang dari seluruh belahan dunia.Kehadiran jejaring sosial diawali dengan munculnya Sixdegrees.com pada tahun 1997 sebagai situs jejaring sosial pertama di dunia.Tahun 1999 dan 2000 muncul situs jejaring sosial bernama lunarstorm, live journal, dan cyword sengan sistem informasi searah.


Nah, pada tahun 2010 munculah Friendster, situs jejaring sosial yang sangat populer selama beberapa tahun hingga akhirnya terlindas oleh kemunculan Facebook. Frienster sendiri awalnya ditujukan sebagai tempat untuk mencari jodoh secara online. Akan tetapi pengguna jejaring sosial yang sekarang dimiliki oleh perusahaan asal Malaysia itu lebih meminatinya sebagai situs untuk saling berkenalan dengan pengguna lain.

Tahun 2003 bermunculan situs jejaring sosial lain dengan beragam kategori seperti Flikr (berbagi foto), Youtube (berbagi video), dan MySpace (banyak digunakan sebagai jejaring sosial musik). Selain Friendster, MySpace merupakan jejaring sosial populer pada saat itu.

Pada Tahun 2006, kehadiran facebook menggeser posisi jejaring sosial yang ada pada saat itu. Facebook yang diluncurkan pada 2004 itu saat ini telah memiliki lebih dari 750 juta pengguna.

Tahun 2009, muncul jejaring sosial Twitter yang saat ini juga merupakan salah satu jejaring sosial populer. Pengguna Twitter (tweep) dibatasi dalam berkicau (tweet) maksimal 140 karakter. Namun justru pembatasan ini yang membuat Twitter menjadi jejaring sosial micro blogging pupuler. Karena terbatas, jadi orang hanya menuliskan kata-kata yang penting saja, dan tidak lebay seperti kebanyakan status di Facebook.
Baru-baru ini saham jejaring sosial MySpace dibeli oleh penyanyi Justin Timberlake yang kabarnya sebagai pemilik saham terbesar. Dengan menguasai sebagian saham MySpace, Justin bertekat untuk menjadikan MySpace sebagai jejaring sosial musik yang pupuler.

Tahun 2011 ini muncul lagi jejaring sosial baru bernama Google+ (dibaca Google plus) yang dibuat oleh perusahaan internet raksasa, Google. Jejaring sosial ini sepertinya sengaja dibuat untuk menyaingi situs milik Mark Zukerberg, Facebook. Dengan tampilan dan fitur yang sangat mirip facebook, Google+ disebut-sebut akan menjadi jejaring sosial populer. Mungkinkah bisa mengalahkan Facebook?

Kelebihan Google+ adalah memiliki fitur dan sistem yang dimiliki oleh facebook dan twitter, bisa dibilang penggabungan dari dua jejaring sosial tersebut.

Situs jejaring sosial kini sangat mudah untuk diakses, dari anak - anak hingga orang dewasa sudah mengetahui apa itu jejaring sosial dan bagaimana cara pemanfaatannya. Jejaring sosial diciptakan dengan keragaman dan ciri khas masing - masing dan tentunya mempunyai kekurangan dan kelebihan yang berbeda satu sama lain. Situs jejaring sosial yang mulai dikenal luas juga mempunyai beberapa peranan penting dalam kehidupan di masa ini. Berikut ini adalah beberapa dari kelebihan dan kekurangan jejaring sosial yang dapat dirasakan oleh para penggunanya/

Kelebihan / Dampak Positif dari Jejaring Sosial


Dengan adanya situs jejaring sosial, proses sosialisasi dapat dilakukan dengan mudah, karena jejaring sosial menyediakan sarana pertukaran informasi yang cepat,tepat dan mudah bagi para penggunanya.
Bisa dimanfaatkan sebagai sarana untuk berbisnis, misalnya untuk menawarkan product yang ingin dijual.
Komunikasi menjadi lebih mudah karena sudah tidak dibatasi oleh jarak dan biaya yang mahal
Kekurangan / Dampak Negatif dari Jejaring Sosial

Bisa menimbulkan ketergantungan terhadap teknologi.
Makin maraknya Cyber Crime.
Beberapa contoh situs web jejaring sosial

(Inggris) Facebook
(Inggris) Twitter
(Inggris) Youfriends
(Inggris) Friendster
(Inggris) Ketiker
(Inggris) Hi5
(Inggris) MySpace

Analisis jejaring sosial internasional:
(Inggris) The International Network for Social Network Analyis (INSNA)
(Inggris) Dynamic Centrality in Social Networks
(Inggris) Center for Computational Analysis of Social and Organizational Systems (CASOS) at Carnegie Mellon
(Inggris) NetLab at the University of Toronto, studies the intersection of social, communication, information and computing networks



Jejaring sosial yang berasal dari Indonesia
Adandu Situs ini diluncurkan dalam versi beta di bulan Oktober 2009. Situs web berbagi video dan layanan pengunggahan video ini menyediakan layanan gratis bagi pengguna umum dan pembuat atau penerbit video independen.

AkuCintaSekolah Situs komunitas yang bertujuan untuk menjadi wadah semua orang yang pernah dan masih sekolah di Indonesia. Situs jejaring sosial ini menurut penggunanya cukup aman bagi anak sekolah. Semua data yang didapat oleh situs ini merupakan hasil survei yang langsung didata ke setiap sekolah.
Catchfriend Situs ini meski sederhana, namun menyajikan halaman khusus untuk bisnis. Sayangnya jejaring ini tidak memiliki notifikasi jika ada user baru yang bergabung atau menampilkan user yang sedang online.
digli Secara konsep, situs jejaring ini menggabungkan antara Facebook dengan Kaskus. Jumlah anggotanya saat ini mencapai 11.942 orang.
FB.co.id Situs ini lahir dengan konsep yang hampir mirip dengan Facebook, yaitu menjaring sebanyak-banyaknyauser untuk menjadi member aktif. beberapa fitur seperti sharing album foto, video, dan blog.
Fupei Friends Uniting Program Especially Indonesia, sebuah situs komunitas yang berisi jurnal persahabatan dan kreatifitas di internet, dikhususkan untuk kalangan Indonesia.
Goesmart Sosial media pendidikan buatan Bandung ini diperuntukkan bagi pelajar, guru, orang tua dan alumni. Situs web berbasis multimedia interaktif ini terdapat fitur ruang diskusi, ngobrol, rapor, album alumni, book viewer, soal latihan, dan badge.
Indoface Situs ini membagi anggotanya menjadi 2 macam, personal member danband member. Seorang anggota dapat membuat polling atau jajak pendapat untuk dibagikan ke anggota lainnya.
Kiber Kependekan dari Kitaberbagi.com, situs yang menjadi wadah untuk berbagi dan bersilaturahmi dengan kerabat, teman, atau relasi.
Kombes Dengan berbagai macam aplikasi untuk berintekrasi secara online seperti chat room, im chat, forum, sharing video/audio, social bookmarking yang menarik. Situs yang ber-tagline The Indonesian Social Network ini memiliki anggota 44.219 orang.
Kongkoow Situs jejaring sosial bercitarasa lokal yang menyediakan fasilitas sangat lengkap seperti akun e-mail, file sharing, video streaming, danblogging.
Koprol Salah satu keunggulan Koprol adalah fitur Place Tag, yang akan menginformasikan teman di dekat lokasi anda. Karena popularitasnya, situs ini kemudian dibeli oleh Yahoo!
LiLOCITY LiLO (Little Online), merupakan media berkumpul anak muda yang berkonsep virtual world society (VWS). Situs ini terhubung dengan situs jejaring Facebook.
Otofriends Dengan tagline “Community Gathering, Start From Indonesia”, situs ini tergolong cepat dengan fitur komplit serta terus bertambah. Fiturnya merupakan kombinasi dari Facebook, Yahoogroups, Friendster, dan Multiply dengan mengkhususkan pada bidang otomotif.
Mobinessia Tampilannya cukup simpel seperti sebuah forum online. Jejaring yang didirikan pada 2009 ini dibuat untuk sarana pertemanan berbasis ponsel dengan fitur microblogging, album photo, kronologer status, messaging, dan chat.
MyPulau Situs jejaring yang dimiliki Telkomsel ini memiliki lebih dari 2.000.000 anggota. Setiap anggota bisa membuat pulau sendiri yang berisi tentang aktivitas dan profil mereka.
Paseban Situs yang dikembangkan untuk memenuhi salah satu kebutuhan masyarakat luas, yaitu bersosialisasi. Situs ini muncul dengan konsep situs jejaring sosial yang berbasiskan komunitas.
Ruangmuslim Situs jejaring sosial islami untuk muslim Indonesia. RuangMuslim menyediakan beragam fitur dan konten islami.
Salingsapa.com Berteman dalam Dakwah, begitu tagline dari situs pertemanan bernuansa islami dan tidak ada hubungannya dengansalingsilang.com ini. Fiturnya memang lebih banyak berkaitan dengan hal-hal keagamaan.
Statusbooks Situs jejaring sosial asal indonesia yang cukup lengkap fiturnya dan menyerupai Facebook. Di situs ini Anda bisa bergabung dengan salah satu grup yang ada, mengikuti forum, membuat album foto, atau membuat blog.
Temanku Situs pertemanan online ini bisa dikatakan mirip sekali dengan situs jejaring Facebook. Mulai dari halaman awal hingga cara mendaftarnya sangat mirip atau copycat dari FB.
Twoo Jejaring sosial yang menyediakan sarana paling asyik untuk bertemu kenalan baru di daerah Anda. Situs pertemanan ini sepertinya cocok buat Anda yang masih berstatus jomblo.
YourFriends Sama halnya dengan Temanku, situs jejaring sosial ini masih berkiblat pada Facebook. Hanya warna dominannya saja yang dibikin berbeda, yakni hijau-putih.
Zeetal Komunitas internet Indonesia yang memungkinkan Anda untuk terhubung bersama teman, keluarga, atau bahkan siapa saja di seluruh dunia.
Layanan Jejaring Sosial

Jangkauan internet di Indonesia telah melampaui media tradisional dan menduduki posisi kedua setelah televisi. Ini berdasarkan studi Net Index Ketiga yang diumumkan Yahoo! Inc. Hasil studi itu menunjukkan, jejaring sosial menduduki peringkat pertama sebagai aktivitas online paling populer (89%), diikuti kategori pengunjung laman internet (72%) dan pembaca berita (61%).

Penyebab perubahan tren ini adalah kelompok masyarakat Indonesia berusia 15-30 tahun yang menggunakan internet untuk keperluan hiburan seperti aktivitas terkait games dan pengunduhan musik. Menariknya, secara frekuensi jangkauan media online lebih tinggi pada masyarakat Indonesia usia tengah baya dibanding usia muda.

"Dengan pertumbuhan pengguna baru internet yang cepat, ini saat bagi para pemasar mengarahkan kembali strategi mereka didasarkan pada dinamika online di Indonesia," demikian pernyataan Pontus Sonnerstedt, Country Manager Yahoo! Indonesia, Selasa (26/7/2011).

Sementara itu, Suresh Subramanian, Deputy Managing Director TNS Indonesia mengatakan jejak digital konsumen telah menjadi aset paling bernilai bagi perusahaan yang hendak membuat investasi.

Dalam studinya ini, Net Index 2011 menggabungkan metodologi dan teknik teruji pada pemilihan sampel untuk memastikan perwakilan yang lengkap pada populasi target. Responden dipilih menggunakan teknik sampel probabilitas multi tahapan. Yahoo! berharap penelitian ini dapat memberikan data yang relevan untuk memungkinkan orang Indonesia membuat keputusan mengenai periklanan pada properti yang mereka miliki.

Mari kita lihat saja salah satu contoh jejaring sosial facebook. Pada 2007 Microsoft membayar US$250 juta hanya untuk 1,6% kepemilikan saham. Jika ditotal,harga Facebook bisa mencapai US$ 15 miliar. Akan tetapi, krisis global yang menghantam bisnis iklan online yang merupakan sumber pendapatan utama Facebook, bisa membuat harganya turun. Tidak ada yang meragukan Facebook sangat populer, oleh sebab itu perkembangannya ke seluruh dunia menyebar bak virus. Dengan perkembangan yang sangat cepat ini tidaklah mengherankan jika Mark Zuckerberg mengatakan dia terus berkomitmen membuat Facebook tetap relevan di masa yang akan datang.

sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar