PT. Data Consult, Inc.
Pada dasarnya,
misi perusahaan berperan dalam penerapan strategi pemasaran
di PT. Data Consult, Inc. Dengan misi menjadi perusahaanpenyelenggara
jasa informasi /provider informasi nomor satu di Indonesia.,Data
Consult berusaha untuk menyediakan dan memberikan jasa informasi dengan
“one stop service” yang diharapkan dapat membantu perusahaan
mengambil keputusan dalam menanamkan modalnya di Indonesia. Bentuk
pemberian informasi yang berpegang pada misi ini disesuaikan
denganperkembangan yang terjadi.
Pada awalnya pemberian informasi difokuskanbagi perusahaan yang ingin
berinvestasi di Indonesia dengan pemberian informasi tentang peluang
pasar di Indonesia. Kemudian dengan berubahnya iklim bisnis yang
didorong oleh adanya krisis moneter, rendahnya tingkat pertumbuhan ekonomi di Indonesia
dan semakin ketatnya persaingan dalam bisnis ini telah mengakibatkan menurunnya tingkat penjualan produk/jasa
informasi Data Consult. Di sisi lain kondisi ini memunculkan peluang baru
karena di tengah semakin ketatnya persaingan dalam industri sejenisnya,
banyak perusahaan yang membutuhkan informasi untuk mempertahankan
pangsa pasarnya. Informasi yang dibutuhkan perusahaan dalam hal adalah informasi
tentang persaingan dalam industrinya tersebut. Berpegang pada
misi maka pada akhirnya Data Consult juga membuat paket-paketin formasi tentang
persaingan, tanpa meninggalkan kemampuan lama sebagai penyedia
jasa informasi bidang investasi.
Analisa pasar
berperan dalam penerapan strategi pemasaran di PT. DataConsult,
Inc. analisa terhadap pasar ini dilakukan baik secara langsungmaupun tidak
langsung.
a. Analisa langsung dilakukan
misalnya dengan melihat kondisi yangterjadi pada :
1. Lingkungan eksternal, seperti kondisi politik, hukum/regulasipemerintah,
sosial dan ekonomi negara, pertumbuhan dan daya belidunia
bisnis terutama potensial pelanggannya, trend kebutuhan pelanggan,
kompetitor, pertumbuhan teknologi informasi dan pertumbuhan jumlah pelanggan.
2. Lingkungan internal, seperti jumlah dan
kemampuan staf, kemampuan keuangan perusahaan dan akses
pada sumber informasi.
b. Analisa
secara tidak langsung juga dilakukan melalui analisa hasil-hasil studi yang dilakukan dalam industri yang bersangkutan.
Hasil dari hasil analisa pasar ini berperan dalam memprediksi dan memetakan kecenderungan-kecenderungan kebutuhan informasi potensial
pasar Data Consult.
Penerapan strategi pemasaran
PT. Data Consult dilakukan denganmenerapkan strategi pada elemen-elemen
bauran pemasaran :
a. Strategi pada
produk dilakukan dengan menerapkan strategi multi produkyang
disesuaikan dengan permintaan pelanggan dan strategi system of product
untuk mengikat pelanggan/meningkatkan ketergantunganpelanggan pada produk/jasa informasi
Data Consult, yaitu dengan membuat format standar yang berbeda dari format-format
yang digunakan oleh perusahaan lain.
b. Strategi yang
diterapkan pada penentuan harga adalah denganmenyerahkan harga pada mekanisme pasar
dengan memperhatikan aspek biaya produksi. Penyerahan pada mekanisme
pasar ini didasari pada (1)tingkat persaingan yang tinggi dalam harga/kompetitor semakin
banyak(2) daya beli dunia bisnis melemah dan (3) dengan semakin banyaknya
perusahaan sejenis, semakin banyak pilihan bagi pelanggan.
Namun demikian, pada produk/jasa informasi tertentu harga dapat
ditentukan sendiri tanpa bergantung pada pasar dan biaya produksi, yaitu
dengan menawarkan produk/jasa informasi yang unik, lebih spesifik dan lebih mendalam. Sistem royalti diberlakukan
bagi para provider database yang mendistribusikan produk/jasa informasi Data
Consult.
c. Strategi pada saluran
distribusi dilakukan dengan menerapkan (1) strategi saluran
distribusi berganda, yaitu pemasaran langsung dan melalui keagenan pada
para provider database (2) strategi cakupan distribusi dengan distribusi intensif dan
tidak menunjuk salah satu provider sebagai agen ekslusif.
d. Promosi dilakukan dengan
menggunakan media ICN, link dengan perusahaan database, dari mulut
ke mulut, pameran, kerja sama denganmajalah-majalah, seminar-seminar dan
melalui internet.
e. Untuk
menjamin proses pemasaran yang efektif, maka dilakukan langkah-langkah antara
lain :
1.
Penawaran produk/jasa secara bertahap (1)ICN (2)industry
review (3)market study atau feasibility study (4) kontuinitas dengan update
data secara berkala.
2.
Distribusi langsung dilakukan dengan pengajuan/penerimaan
proposaldari calon pelanggan, presentasi kemampuan, deal dan penandatanganan
kontrak kerja sama. Distribusi tidak langsung diawali dengan adanya
referensi dari ITC (International Trade Centre) kepada para provider
database untuk memasukkan Data Consult dalam database mereka, kemudian presentasi,
deal dan penandatanganankontrak kerja sama.
3.
Pencetakan produk tercetak dilakukan dengan bekerja sama
dengan penerbitan, sedangkan untuk produk dalam bentuk
elektronik termasuk pembuatan web site dilakukan dengan bekerja sama dengan
provider teknologi informasi. Langkah ini dilakukan untuk efisiensi kegiatan
bisnis, agar perusahaan lebih terfokus sebagai provider Informasi bukan provider
teknologi informasi.
f.
Strategi yang diterapkan untuk mendapatkan
SDM yang terlatih dengan kualitas yang tinggi adalah dengan merekrut
orang-orang dengan kemampuan “menengah” yang kemudian dilatih sesuai kebutuhan
DataConsult. Hal ini dilakukan untuk menjamin kepermanenan SDM tersebut
sebagai tenaga Data Consult. Tenaga ahli tidak tetap direkrut
untuk menjamin pelayanan yang optimal. Untuk menjamin loyalitas staf maka penghargaan
berupa bonus diberikan bagi mereka yang berprestasi dan pemberian
sangsi bagi mereka yang melanggar ketentuan perusahaan, terutama yang bersifat kriminal.
Sanksi tersebut bisa berupa pelaporanpada pihak berwajib
atau permohonan pengunduran diri yang bersangkutan.
g. Bentuk
fisik produk/jasa informasi Data Consult dikemas sesuai permintaan pelanggan,
baik dalam bentuk tercetak maupun dalam bentukelektronik melalui
penyediaan CD ROM dan e-mail. Dengan semakin meningkatnya biaya cetak,
maka Data Consult menggalakan kemasan informasi dalam bentuk CD ROM karena biaya produksinya lebih
rendah daripada biaya cetak. Strategi yang dilakukan
untuk menggalakan CDROM ini antara lain dengan pemberian diskon
sebesar 20% bagi pelanggan yang mau beralih dari bentuk cetak ke bentuk
elektronik baik dalam bentuk CD ROM maupun melalui e-mail.
h. Dalam
tiga tahun terakhir (2001-2003), hampir seluruh penjualan produk/jasa
informasi Data Consult mengalami peningkatan, hal ini dapat menjadi indikasi bagi efektifnya
strategi pemasaran yang diterapkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar