Selasa, 25 November 2014

Studi Kasus Tentang Peluang Usaha Bidang TI dan Peranan Bagi Kemajuan IT

PT. Data Consult, Inc.     

 Pada dasarnya, misi perusahaan berperan dalam penerapan strategi pemasaran di PT. Data Consult, Inc. Dengan misi menjadi perusahaanpenyelenggara jasa informasi /provider informasi nomor satu di Indonesia.,Data Consult berusaha untuk menyediakan dan memberikan jasa informasi dengan “one stop service” yang diharapkan dapat membantu perusahaan mengambil keputusan dalam menanamkan modalnya di Indonesia. Bentuk pemberian informasi yang berpegang pada misi ini disesuaikan denganperkembangan yang terjadi.
   Pada awalnya pemberian informasi difokuskanbagi perusahaan yang ingin berinvestasi di Indonesia dengan pemberian informasi tentang peluang pasar di Indonesia. Kemudian dengan berubahnya iklim bisnis yang didorong oleh adanya krisis moneter, rendahnya tingkat pertumbuhan ekonomi di Indonesia dan semakin ketatnya persaingan dalam bisnis ini telah mengakibatkan menurunnya tingkat penjualan produk/jasa informasi Data Consult. Di sisi lain kondisi ini memunculkan peluang baru karena di tengah semakin ketatnya persaingan dalam industri sejenisnya, banyak perusahaan yang membutuhkan informasi untuk mempertahankan pangsa pasarnya. Informasi yang dibutuhkan perusahaan dalam hal adalah informasi tentang persaingan dalam industrinya tersebut. Berpegang pada misi maka pada akhirnya Data Consult juga membuat paket-paketin formasi tentang persaingan, tanpa meninggalkan kemampuan lama sebagai penyedia jasa informasi bidang investasi.
Analisa pasar berperan dalam penerapan strategi pemasaran di PT. DataConsult, Inc. analisa terhadap pasar ini dilakukan baik secara langsungmaupun tidak langsung.
a.       Analisa langsung dilakukan misalnya dengan melihat kondisi yangterjadi pada :
1. Lingkungan eksternal, seperti kondisi politik, hukum/regulasipemerintah, sosial dan ekonomi negara, pertumbuhan dan daya belidunia bisnis terutama potensial pelanggannya, trend kebutuhan pelanggan, kompetitor, pertumbuhan teknologi informasi dan pertumbuhan jumlah pelanggan.
2. Lingkungan internal, seperti jumlah dan kemampuan staf, kemampuan keuangan perusahaan dan akses pada sumber informasi.
b.      Analisa secara tidak langsung juga dilakukan melalui analisa hasil-hasil studi yang dilakukan dalam industri yang bersangkutan. Hasil dari hasil analisa pasar ini berperan dalam memprediksi dan memetakan kecenderungan-kecenderungan kebutuhan informasi potensial pasar Data Consult.
Penerapan strategi pemasaran PT. Data Consult dilakukan denganmenerapkan strategi pada elemen-elemen bauran pemasaran :
a.       Strategi pada produk dilakukan dengan menerapkan strategi multi produkyang disesuaikan dengan permintaan pelanggan dan strategi system of product untuk mengikat pelanggan/meningkatkan ketergantunganpelanggan pada produk/jasa informasi Data Consult, yaitu dengan membuat format standar yang berbeda dari format-format yang digunakan oleh perusahaan lain.
b.      Strategi yang diterapkan pada penentuan harga adalah denganmenyerahkan harga pada mekanisme pasar dengan memperhatikan aspek biaya produksi. Penyerahan pada mekanisme pasar ini didasari pada (1)tingkat persaingan yang tinggi dalam harga/kompetitor semakin banyak(2) daya beli dunia bisnis melemah dan (3) dengan semakin banyaknya perusahaan sejenis, semakin banyak pilihan bagi pelanggan. Namun demikian, pada produk/jasa informasi tertentu harga dapat ditentukan sendiri tanpa bergantung pada pasar dan biaya produksi, yaitu dengan menawarkan produk/jasa informasi yang unik, lebih spesifik dan lebih mendalam. Sistem royalti diberlakukan bagi para provider database yang mendistribusikan produk/jasa informasi Data Consult.
c.       Strategi pada saluran distribusi dilakukan dengan menerapkan (1) strategi saluran distribusi berganda, yaitu pemasaran langsung dan melalui keagenan pada para provider database (2) strategi cakupan distribusi dengan distribusi intensif dan tidak menunjuk salah satu provider sebagai agen ekslusif.
d.      Promosi dilakukan dengan menggunakan media ICN, link dengan perusahaan database, dari mulut ke mulut, pameran, kerja sama denganmajalah-majalah, seminar-seminar dan melalui internet.
e.      Untuk menjamin proses pemasaran yang efektif, maka dilakukan langkah-langkah antara lain :
1.       Penawaran produk/jasa secara bertahap (1)ICN (2)industry review (3)market study atau feasibility study (4) kontuinitas dengan update data  secara berkala.
2.       Distribusi langsung dilakukan dengan pengajuan/penerimaan proposaldari calon pelanggan, presentasi kemampuan, deal dan penandatanganan kontrak kerja sama. Distribusi tidak langsung diawali dengan adanya referensi dari ITC (International Trade Centre) kepada para provider database untuk memasukkan Data Consult dalam database mereka, kemudian presentasi, deal dan penandatanganankontrak kerja sama.
3.       Pencetakan produk tercetak dilakukan dengan bekerja sama dengan penerbitan, sedangkan untuk produk dalam bentuk elektronik termasuk pembuatan web site dilakukan dengan bekerja sama dengan provider teknologi informasi. Langkah ini dilakukan untuk efisiensi kegiatan bisnis, agar perusahaan lebih terfokus sebagai provider Informasi bukan provider teknologi informasi.
f.        Strategi yang diterapkan untuk mendapatkan SDM yang terlatih dengan kualitas yang tinggi adalah dengan merekrut orang-orang dengan kemampuan “menengah” yang kemudian dilatih sesuai kebutuhan DataConsult. Hal ini dilakukan untuk menjamin kepermanenan SDM tersebut sebagai tenaga Data Consult. Tenaga ahli tidak tetap direkrut untuk menjamin pelayanan yang optimal. Untuk menjamin loyalitas staf maka penghargaan berupa bonus diberikan bagi mereka yang berprestasi dan pemberian sangsi bagi mereka yang melanggar ketentuan perusahaan, terutama yang bersifat kriminal. Sanksi tersebut bisa berupa pelaporanpada pihak berwajib atau permohonan pengunduran diri yang bersangkutan.
g.       Bentuk fisik produk/jasa informasi Data Consult dikemas sesuai permintaan pelanggan, baik dalam bentuk tercetak maupun dalam bentukelektronik melalui penyediaan CD ROM dan e-mail. Dengan semakin meningkatnya biaya cetak, maka Data Consult menggalakan kemasan informasi dalam bentuk CD ROM karena biaya produksinya lebih rendah daripada biaya cetak. Strategi yang dilakukan untuk menggalakan CDROM ini antara lain dengan pemberian diskon sebesar 20% bagi pelanggan yang mau beralih dari bentuk cetak ke bentuk elektronik baik dalam bentuk CD ROM maupun melalui e-mail.
h.      Dalam tiga tahun terakhir (2001-2003), hampir seluruh penjualan produk/jasa informasi Data Consult mengalami peningkatan, hal ini dapat menjadi indikasi bagi efektifnya strategi pemasaran yang diterapkan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar