1.
PENGERTIAN & TEORI KOMPUTASI
MODERN
Komputasi merupakan cara
untuk menemukan pemecahan masalah dari data input dengan menggunakan suatu
algoritma. Komputasi merupakan suatu sub-bidang dari ilmu komputer dan
matematika. Selama ribuan tahun, perhitungan dan komputasi umumnya dilakukan
dengan menggunakan pena dan kertas, atau kapur dan batu tulis, atau dikerjakan
secara mental, kadang-kadang dengan bantuan suatu tabel. Namun sekarang,
kebanyakan komputasi telah dilakukan dengan menggunakan komputer. Komputasi
yang menggunakan komputer inilah yang disebut dengan Komputasi Modern.
Komputasi modern menghitung dan mencari solusi dari masalah yang ada, yang
menjadi perhitungan dari komputasi modern adalah :
1. Akurasi
(bit, Floating poin).
2. Kecepatan
(Dalam satuan Hz).
3. Modeling
(NN dan GA).
4. Kompleksitas
(Menggunakan teori Big O).
1. kecepatan
Saat ini penggunaan komputer
untuk menyelesaikan masalah sudah merasuk ke segala bidang. Hal ini karena
komputasi dianggap lebih cepat dibandingkan dengan penyelesaian masalah secara
manual. Seiring dengan hal tersebut, semakin dituntut proses komputasi yang
semakin cepat. Untuk meningkatkan kecepatan proses komputasi, dapat ditempuh
dua cara :
· peningkatan
kecepatan perangkat keras,
· peningkatan
kecepatan perangkat lunak.
Komponen utama perangkat keras
komputer adalah processor. Saat ini, peningkatan kecepatan processor
benar-benar luar biasa. Processor Pentium 4 yang dikeluarkan Intel kecepatannya
sudah mencapai 1.8 GHz. Meskipun kecepatan processor dapat ditingkatkan terus,
namun karena keterbatasan materi.
2. Modelling
Sebuah model
komputasi adalah model matematika dalam ilmu komputer luas yang memerlukan
sumber daya komputasi untuk mempelajari perilaku sebuah sistem yang kompleks
dengan simulasi komputer. Sistem yang diteliti seringkali merupakan kompleks
sistem nonlinier yang sederhana, intuitif solusi analitis tidak tersedia.
Alih-alih menurunkan analisis matematis solusi untuk masalah ini, eksperimen
dengan model ini dilakukan dengan mengubah parameter sistem dalam komputer, dan
mempelajari perbedaan hasil eksperimen. Teori pengoperasian model dapat
diturunkan / dideduksi dari percobaan komputasi ini.
Contoh: model komputasi umum
prakiraan cuaca model, bumi simulator model, flight simulator model, molekul
protein lipat model, dan jaringan saraf model.
Berbagai Macam Model Komputasi :
1) mesin
Mealy adalah otomasi fasa berhingga (finite state automaton atau finite state
tranducer) yang menghasilkan keluaran berdasarkan fasa saat itu dan bagian
masukan/input. Dalam hal ini, diagram fasa (state diagram) dari mesin Mealy
memiliki sinyal masukan dan sinyal keluaran untuk tiap transisi. Prinsip ini
berbeda dengan mesin Moore yang hanya menghasilkan keluaran/output pada tiap
fasa. Nama Mealy diambil dari “G. H. Mealy” seorang perintis mesin-fasa
(state-machine) yang menulis karangan “A Method for Synthesizing Sequential
Circuits” pada tahun 1955

2) mesin
Moore adalah otomasi fasa berhingga (finite state automaton) di mana
keluarannya ditentukan hanya oleh fasa saat itu (dan tidak terpengaruh oleh
bagian masukan/input). Diagram fasa (state diagram) dari mesin Moore memiliki
sinyal keluaran untuk masing-masing fasa. Hal ini berbeda dengan mesin Mealy
yang mempunyai keluaran untuk tiap transisi. Nama Moore diambil dari “Edward F.
Moore” seorang ilmuwan komputer dan perintis mesin-fasa (state-machine) yang
menulis karangan “Gedanken-experiments on Sequential Machines”.
3) Petri
net adalah salah satu model untuk merepresentasikan sistem terdistribusi
diskret. Sebagai sebuah model, Petri net merupakan grafik 2 arah yang terdiri
dari place, transition, dan tanda panah yang menghubungkan keduanya. Di samping
itu, untuk merepresentasikan keadaan sistem, token diletakkan pada place
tertentu. Ketika sebuah transition terpantik, token akan bertransisi sesuai
tanda panah.
Petri net pertama kali diajukkan
oleh Carl Adam Petri pada tahun 1962

3. Kompleksitas
Kompleksitas
komputasi adalah cabang dari teori komputasi dalam ilmu komputer yang
berfokus pada mengklasifikasikan masalah komputasi sesuai dengan kesulitan
inheren mereka. Dalam konteks ini, sebuah masalah komputasi dipahami sebagai
tugas yang pada prinsipnya setuju untuk menjadi dipecahkan oleh komputer.
Informal, sebuah masalah komputasi terdiri dari contoh-contoh masalah dan
solusi untuk masalah ini contoh. Sebagai contoh, primality pengujian adalah
masalah menentukan apakah nomor yang diberikan perdana atau tidak.
Contoh-contoh masalah ini adalah
bilangan asli, dan solusi untuk sebuah contoh adalah ya atau tidak didasarkan
pada apakah nomor perdana atau tidak.
Masalah ini dianggap sebagai
secara inheren sulit jika memecahkan masalah yang memerlukan sejumlah besar
sumber daya, tergantung pada algoritma yang digunakan untuk memecahkan itu.
Teori ini formalizes intuisi, dengan memperkenalkan matematika model komputasi
untuk mempelajari masalah ini dan kuantitatif jumlah sumber daya yang
dibutuhkan untuk memecahkan mereka, seperti waktu dan penyimpanan. Ukuran
kompleksitas lain juga digunakan, seperti jumlah komunikasi (digunakan dalam
kompleksitas komunikasi), jumlah gerbang dalam rangkaian (digunakan dalam
rangkaian kompleksitas) dan jumlah prosesor (digunakan dalam komputasi
paralel). Secara khusus, teori kompleksitas komputasi menentukan batas-batas
praktis tentang apa yang komputer bisa dan tidak bisa lakukan.
Bidang-bidang terkait erat dalam
ilmu komputer teoritis analisis algoritma dan teori computability. Perbedaan
utama antara teori kompleksitas komputasi dan analisis algoritma adalah bahwa
yang terakhir ditujukan untuk menganalisis jumlah sumber daya yang dibutuhkan
oleh algoritma tertentu untuk memecahkan masalah, sedangkan yang pertama
mengajukan pertanyaan yang lebih umum tentang semua kemungkinan algoritma yang
dapat digunakan untuk memecahkan masalah yang sama. Lebih tepatnya, hal ini
mencoba untuk mengklasifikasikan masalah yang dapat atau tidak dapat
diselesaikan dengan tepat sumber daya terbatas. Pada gilirannya, memaksakan
pembatasan pada sumber daya yang tersedia adalah apa yang membedakan
kompleksitas komputasi dari computability teori: teori yang terakhir bertanya
apa jenis masalah dapat diselesaikan pada prinsipnya algorithmically.
Contoh Masalah :
Sebuah masalah komputasi dapat
dilihat sebagai sebuah koleksi yang tak terbatas kasus bersama-sama dengan
solusi untuk setiap contoh. Input string untuk sebuah masalah komputasi disebut
sebagai contoh masalah, dan tidak boleh bingung dengan masalah itu sendiri.
Dalam teori kompleksitas komputasi, masalah mengacu pada pertanyaan abstrak
yang harus dipecahkan. Sebaliknya, sebuah contoh dari masalah ini adalah ucapan
yang agak konkret, yang dapat digunakan sebagai masukan untuk masalah
keputusan. Sebagai contoh, perhatikan masalah primality pengujian. contoh
adalah nomor dan solusinya adalah “ya” jika nomor perdana dan “tidak”
sebaliknya. Bergantian, yang contoh adalah input tertentu untuk masalah, dan
solusinya adalah output sesuai dengan input yang diberikan.
Untuk lebih menyoroti perbedaan
antara masalah dan sebuah contoh, pertimbangkan contoh berikut versi keputusan
dari pedagang keliling masalah: Apakah ada rute dengan panjang maksimal 2000
kilometer melewati semua di Jerman 15 kota terbesar? Jawaban untuk masalah
khusus ini misalnya tidak banyak digunakan untuk menyelesaikan contoh-contoh
lain dari masalah, seperti meminta untuk pulang-pergi melalui semua pemandangan
di Milan yang jumlah paling banyak panjangnya 10km. Untuk alasan ini, teori
kompleksitas komputasi alamat masalah dan bukan masalah tertentu.
Sejarah Komputasi Modern
Kata “komputer” pertama kali pada tahun 1613, hal ini mengacu pada
perhitungan aritmatika dan kata “komputer” digunakan dalam pengertian itu
sampai pertengahan abad ke-20. Dari akhir abad ke-19 dan seterusnya.
Berkembanganya komputer akhirnya makna komputer menjadi sebuah mesin yang
melakukan komputasi.
Sejarah komputer modern dimulai dengan dua teknologi yang terpisah- perhitungan
otomatis dan dapat di program-tapi tidak ada satu perangkat pun yang dapat
dikatakan sebagai komputer, karena sebagian penerapan yang tidak konsisten
istilah tersebut. Contoh-contoh awal perangkat penghitung mekanis termasuk
sempoa (yang berasal dari sekitar 150-100 SM). Seorang pahlawan dari
Alexandria (sekitar 10-70 AD) membangun sebuah teater mekanis yang diadakan
bermain berlangsung 10 menit dan dioperasikan oleh sebuah sistem yang kompleks
dengan tali dan drum yang dipakai sebagai sarana untuk memutuskan bagian dari
mekanisme. Ini adalah inti dari programmability.


Salah satu tokoh yang sangat mempengaruhi perkembangan komputasi modern
adalah John von Neumann (1903-1957), Beliau adalah ilmuan yang meletakkan
dasar-dasar komputer modern.Von Neumann telah menjadi ilmuwan besar abad 21.
Von Neumann memberikan berbagai sumbangsih dalam bidang matematika, teori kuantum,
game theory, fisika nuklir, dan ilmu komputer yang di salurkan melalui
karya-karyanya . Beliau juga merupakan salah satu ilmuwan yang terkait dalam
pembuatan bom atom di Los Alamos pada Perang Dunia II lalu.
Sejarah singkat dari perjalanan hidup dari Von Neumann , dilahirkan di
Budapest, Hungaria pada 28 Desember 1903 dengan nama Neumann Janos. Dia adalah
anak pertama dari pasangan Neumann Miksa dan Kann Margit.Nama keluarga
diletakkan di depan nama asli. Sehingga dalam bahasa Inggris, nama orang tuanya
menjadi Max Neumann. Pada saat Max Neumann memperoleh gelar, maka namanya
berubah menjadi Von Neumann. Setelah bergelar doktor dalam ilmu hukum, dia
menjadi pengacara untuk sebuah bank. Pada tahun 1903, Budapest merupakan
tempat lahirnya para manusia genius dari bidang sains, penulis, seniman dan
musisi.
Von Neumann belajar berbagai tempat dan beberapa tempatnya di Berlin dan
Zurich. Di tempat itu beliau mendapatkan diploma pada bidang teknik kimia pada
tahun 1926. Pada tahun yang sama dia mendapatkan gelar doktor pada bidang
matematika dari Universitas Budapest. Keahlian Von Neumann terletak pada bidang
teori game yang melahirkan konsep seluler automata, teknologi bom atom, dan
komputasi modern yang kemudian melahirkan komputer. Kegeniusannya dalam bidang
matematika telah terlihat semenjak kecil dengan mampu melakukan pembagian
bilangan delapan digit (angka) di dalam kepalanya.
Beliau pernah mengajar di Berlin
dan Hamburg, Von Neumann pindah ke Amerika pada tahun 1930 dan bekerja di
Universitas Princeton pada saat yang bersamaan Von Neumann menjadi salah satu
pendiri Institute for Advanced Studies.
Von Neumann sangat tertarik pada hidrodinamika dan kesulitan penyelesaian
persamaan diferensial parsial nonlinier yang digunakan, Von Neumann kemudian
beralih dalam bidang komputasi. Von Neumann menjadi seorang konsultan pada
pengembangan komputer ENIAC, dia merancang konsep arsitektur komputer yang
masih dipakai sampai sekarang. Arsitektur Von Nuemann adalah seperangkat komputer
dengan program yang tersimpan (program dan data disimpan pada memori) dengan
pengendali pusat, I/O, dan memori.
Berikut ini beberapa contoh
komputasi modern sampai dengan lahirnya ENIAC :

· Konrad
Zuse’s electromechanical “Z mesin”.Z3 (1941) sebuah mesin pertama menampilkan
biner aritmatika, termasuk aritmatika floating point dan ukuran
programmability. Pada tahun 1998, Z3 operasional pertama di dunia komputer itu
di anggap sebagai Turing lengkap.
· Non-programmable
Atanasoff-Berry Computer yang di temukan pada tahun 1941 alat ini
menggunakan tabung hampa berdasarkan perhitungan, angka biner, dan regeneratif
memori kapasitor.Penggunaan memori regeneratif diperbolehkan untuk menjadi jauh
lebih seragam (berukuran meja besar atau meja kerja).
· komputer
Colossus ditemukan pada tahun 1943, berkemampuan untuk membatasi kemampuan
program pada alat ini menunjukkan bahwa perangkat menggunakan ribuan tabung
dapat digunakan lebih baik dan elektronik reprogrammable.Komputer ini digunakan
untuk memecahkan kode perang Jerman.
· The
Harvard Mark I ditemukan pada 1944, mempunyai skala besar, merupakan komputer
elektromekanis dengan programmability terbatas.
· lahirlah
US Army’s Ballistic Research Laboratory ENIAC ditemukan pada tahun 1946,
komputer ini digunakan unutk menghitung desimal aritmatika dan biasanya disebut
sebagai tujuan umum pertama komputer elektronik (ENIAC merupaka generasi
yang sudah sangat berkembang di zamannya sejak komputer pertama Konrad Zuse ’s
Z3 yang ditemukan padatahun 1941).
Tahun 1940 komputer yang semula
dikhususkan sebagai instrument untuk science, berubah menjadi produk komersil.

·
Tahun 1945 di temukan Bug Komputer oleh Grace
Murray Hopper
·
Tahun 1947 tanggal 23 Desember ditemukan
transistor yang pertama kali oleh Bardeen dan Walter Brattain bersama dengan
William Shockley
·
Tahun 1951 dimulai sebuah gagasan
microprogramming oleh Maurice Wilkes
·
Tahun 1951-1952 Grace Murray Hopper
mengembangkan A-O, yang merupakan compiler pertama.
·
Tahun 1957 John Backus dan kolega IBM
mengirimkan Compiler Fortran yang pertama.
·
Tahun 1958 Jack Kilby menghasilkan prototype
semiconductor IC
·
Tahun 1960 merupakan timbulnya system kecil
seperti word length, register structure, Number of Addresses, I/O channel,
Floating point hardware.
·
Tahun 1960 juga Paul Baran yang bekerja di Rand
Corp. menemukan dasar packet switching untuk data komunikasi.
·
Tahun 1962 video game pertama kali di temukan
oleh Steve Russell yang merupakan seorang lulusan MIT.
·
Tahun 1964 mouse ditemukan oleh Doug Engelbart.
·
Tahun 1969 munculnya internet oleh DARPA
·
Tahun 1970 merupakan kedatangan PC (personal
computer).
·
Tahun 1970 ditemukan UNIX oleh Dennis Ritchie
dan Kenneth Thomson. Pada tahun 1970 juga floppy disk dan daisywheel printer di
tunjukkan kepada umum (debut pertama).
·
Tahun 1971 Ray Tomlinson of Bolt Beranek dan
Newmen pertama kali mengirimkan jaringan surat e-mail.
·
Tahun 1971 Niklaus Wirth menemukan Pascal
·
Tahun 1972 di temukan bahasa C oleh Dennis
Ritchie di Bell Labs.
·
Tahun 1973 Robert Metcalfe menuliskan catatan di
“Ether Acquisition” yang mendeskripsikan Ethernet.
·
Tahun 1973 Robert Metcalfe dan David Boggs
menemukan Ethernet.
·
Tahun 1976 merupakan tahun pertama kalinya
muncul supercomputer dengan vektorial arsitektur.
·
Tahun 1976, Steve Jobs dan Steve Wozniak
mendesain dan membangun Apple I yang terdiri dari kebanyakan papan circuit.
·
Tahun 1977, Steve Jobs dan Steve Wozniak
tergabung dalam Apple computer pada 3 januari.
·
Tahun 1978, Muncul MS
·
Tahun 1978, Wordstar yang merupakan software
pengolah kata diperkenalkan dan meluas.
·
Tahun 1979 telepon seluler di test di Jepang dan
Chicago.
·
Tahun 1980 IBM memilih PC-DOS dari Microsoft
sebagai OS (Operating System)
·
Tahun 1980 bahasa Ada muncul yang di temukan
oleh Departemen Pertahanan US.
·
Tahun 1980 portable computer seberat 24 pounds
lahir.
·
1 januari 1983, muncul TCP/IP
·
Tahun 1984, muncul Apple Macintosh
·
Tahun 1984, muncul DNS
·
Tahun 1985 menyebarnya sistem networking.
·
Tahun 1990 tim Barners Lee Menemukan WWW yaitu
aplikasi internet yang membawa perkembangan dan perubahan besar di dunia
internet.
·
Tahun 1991 Trovalds menempatkan UNIX di IBMnya.
·
Tahun 1992 muncul istilah surfing
·
Tahun 1993 pentium milik intel diperkenalkan
kepada umum pada bulan Maret
·
Tahun 1993 muncul NSCA Mosaic
·
Tahun 1994 muncul Yahoo dan Netscape Navigator
1.0. Pada Desember 1994 maka Spyglass milik Microsoft telah dibayar dan diberi
lisensi, sehingga untuk web browser yang nantinya nama spyglass tersebut akan
diganti dengan nama Internet Explorer.
·
Tahun 1995 muncul bahasa pemrograman Java pada
bulan Mei. Pada 1995 spyglass sudah menjadi bagian dari OS dan bagian dari
windows
Macam-macam Komputasi Modern
Komputasi modern terbagi tiga
macam, yaitu komputasi mobile (bergerak), komputasi grid, dan komputasi cloud
(awan). Penjelasan lebih lanjut dari jenis-jenis komputasi modern sebagai
berikut :
1. Mobile
computing

Mobile computing atau komputasi
bergerak memiliki beberapa penjelasan, salah satunya komputasi bergerak
merupakan kemajuan teknologi komputer sehingga dapat berkomunikasi menggunakan
jaringan tanpa menggunakan kabel dan mudah dibawa atau berpindah tempat, tetapi
berbeda dengan komputasi nirkabel. Contoh dari perangkat komputasi bergerak
seperti GPS, juga tipe dari komputasi bergerak seperti smart phone, dan lain
sebagainya.
2. Grid
computing
Komputasi grid menggunakan
komputer yang terpisah oleh geografis, didistibusikan dan terhubung oleh
jaringan untuk menyelasaikan masalah komputasi skala besar. Ada beberapa daftar
yang dapat dugunakan untuk mengenali sistem komputasi grid, adalah :
· Sistem
untuk koordinat sumber daya komputasi tidak dibawah kendali pusat.
· Sistem
menggunakan standard dan protocol yang terbuka.
· Sistem
mencoba mencapai kualitas pelayanan yang canggih, yang lebih baik diatas
kualitas komponen individu pelayanan komputasi grid.
3. Cloud
computing

Komputasi cloud merupakan gaya komputasi yang terukur dinamis dan sumber daya
virtual yang sering menyediakan layanan melalui internet. Komputasi cloud
menggambarkan pelengkap baru, konsumsi dan layanan IT berbasis model dalam
internet, dan biasanya melibatkan ketentuan dari keterukuran dinamis dan sumber
daya virtual yang sering menyediakan layanan melalui internet.
Adapun perbedaan antara komputasi
mobile, komputasi grid dan komputasi cloud, dapat dilihat penjelasannya dibawah
ini :
- Komputasi
mobile menggunakan teknologi komputer yang bekerja seperti handphone, sedangkan
komputasi grid dan cloud menggunakan komputer.
- Biaya
untuk tenaga komputasi mobile lebih mahal dibandingkan dengan komputasi grid
dan cloud.
- Komputasi
mobile tidak membutuhkan tempat dan mudah dibawa kemana-mana, sedangkan grid
dan cloud membutuhkan tempat yang khusus.
- Untuk
komputasi mobile proses tergantung si pengguna, komputasi grid proses
tergantung pengguna mendapatkan server atau tidak, dan komputasi cloud
prosesnya membutuhkan jaringan internet sebagai penghubungnya.
2.
IMPLEMENTASI DARI KOMPUTASI DI
BERBAGAI BIDANG
A.
Implementasi Komputasi pada Bidang Matematika
Menggunakan Maple
Maple adalah program yang biasa digunakan pada bidang
matematika. Program ini diproduksi oleh perusahaan Waterloo Maple Inc. Maple
juga dapat digunakan pada bidang fisika dan teknik engineering. Maple dapat
dioperasikan menggunakan OS Windows dan lumayan mudah dalam penggunaanya.
Penggunaan maple dapat menjadi alternatif untuk digunakan dalam penyajian
materi pembelajaran matematika.
Hampir semua pokok bahasan yang ada pada pelajaran
matematika dapat diselesaikan dengan Maple, tetapi disini hanya dikhususkan
untuk membahas mengenai grafik fungsi saja.
Salah satu kelebihan dari Maple adalah tersedianya fasilitas
untuk membuat grafik dari suatu fungsi baik berdimensi 2 maupun dimensi 3,
serta fungsi parametrik. Selain itu, grafik juga dapat disajikan dalam bentuk
koordinat kutub atau polar. Efek-efek animasi juga dapat diberikan pada grafik
supaya lebih menarik.
B.
Implementasi Komputasi Dalam Bidang Fisika.
Ilmu fisika merupakan ilmu yang mempelajari tentang alam
dalam makna yang luas, mempelajari gejala alam, atau materi lingkup ruang,
waktu, dan hukum hokum seperti hokum kekekalan energy dan lainnya, implementasi
komputasi dalam dunia fisika yakni untuk membantu para fisikawan dengan mudah
mampu menyelesaikan permasalahan nya dalam bidang fisika.

Dalam fisika, berbagai teori yang berdasarkan permodelan
matematika menyediakan prediksi yang akurat mengenai bagaimana sebuah sistem
bergerak. Namun seringkali penggunaan permodelam matematika untuk sebuah sistem
khusus yang bertujuan untuk menghasilkan prediksi yang bermanfaat tidak bisa
dilakukan ketika itu. Hal ini terjadi karena solusi permasalahan tidak memiliki
ekspresi bentuk tertutup (closed-form expression) atau terlalu rumit.
Fisika komputasi adalah subjek yang berhubungan dengan
berbagai perkiraan numerik; perkiraan solusi yang ditulis sebagai sejumlah
besar bilangan terbatas (finite) dari operasi matematika sederhana (algoritma),
dan komputer digunakan untuk melakukan operasi tersebut dan menghitung solusi
dan errornya
C Implementasi Komputasi Dalam Bidang Kimia.
Ilmu Kimia merupakan salah satu cabang ilmu yangmempelajari
mengenai hal hal yang bersangkutan dengan zat, molekul, struktur komposisi,
sifat zat, hingga skala atom. Implementasi komputasi dalam bidang kimia secara
garis besar dapat di katakana sebagai penerapan ilmu kimia ke dalam
komputerisasi, guna mendapatkan hasil kimia yang dapat di terjemahkan kedalam
komputer dengan menggunakan program program dan algortima komputer.

Kimiawan komputasi kebanyakan “sekedar” menggunakan program
komputer dan metodologi yang ada dan menerapkannya untuk permasalahan kimia
tertentu. Di antara sebagian besar waktu yang digunakan untuk hal tersebut,
kimiawan komputasi juga dapat terlibat dalam pengembangan algoritma baru,
maupun pemilihan teori kimia yang sesuai, agar diperoleh proses komputasi yang
paling efisien dan akurat.
Terdapat beberapa pendekatan yang dapat dilakukan:
Kajian komputasi dapat dilakukan untuk menemukan titik awal
untuk sintesis dalam laboratorium.
Kajian komputasi dapat digunakan untuk menjelajahi mekanisme
reaksi dan menjelaskan pengamatan pada reaksi di laboratorium.
Kajian komputasi dapat digunakan untuk memahami sifat dan
perubahan pada sistem makroskopis melalui simulasi yang berlandaskan
hukum-hukum interaksi yang ada dalam sistem.
D.
Implementasi Komputasi Dalam Bidang Matematika.

Matematika merupakan cabang Ilmu yang mempelajari tentang
besaran, struktur, ruang dan perubahan , dan menggunakan angka angka untuk
melakukan perhitungan. Implementasi komputasi dalam cabang ilmu matematika
yakni keikut sertaan peran komputer dalam menyelesaikan permasalahan
permasalahan komputer dalam ilmu matematika,
Mengingat pentingnya cabang ilmu matematika
dalam kehidupan sehari hari kemudian komputasi memainkan peran yang semakin
menguat, baik itu di ilmu pengetahuan, maupun di matematika.
E.
Implementasi Komputasi Dalam Bidang ekonomi.
Ilmu ekonomi merupakan cabagn ilmu yang mempelajari mengenai
prilaku manusia dalam memilih dan menciptakan kemakmuran di dalamnya, inti
dalam dasar ekonomi adalah tentang bagaimana ketidak seimbangan antara
kebutuhan manusia yang tidak terbatas, dan alat pemuas kebutuhan manusia yang
jumlahnya terbatas.

Komputasi dalam bidang ekonomi secara garis besar yakni
tentang bagaimana menyelesaikan masalah keseimbangan kenbutuhan manusia yang
tidak terbatas dan jumlah alat pemuas kebutuhan manusia yang terbatas dengan
menggunakan komputer.
pemrograman yang didesain khusus untuk komputasi ekonomi,
dan pengembangan alat bantu dalam pendidikan komputasi ekonomi. Karena dibidang
ekonomi pasti memiliki permasalahan yang harus dipecahkan oleh algoritma
contohnya adalah memecahkan teori statistika untuk memecahkan permasalahan
keuangan.
Salah satu contoh komputasi di bidang ekonomi adalah
komputasi statistik. Komputasi statistik adalah jurusan yang mempelajari
teknik pengolahan data, membuat program, dan analisis data serta teknik
penyusunan sistem informasi statistik seperti penyusunan basis data, komunikasi
data, sistem jaringan, dan diseminasi data statistik.
F.
Implementasi Komputasi Dalam Bidang Geologi
Geologi merupakan cabang Ilmu sains yang mempelajari tentang
Bumi. Yakni komposisi, struktur , sifat sifat, sejarah dan proses, komputasi
geologi umumnya di gunakan di bidang pertambangan sebuah sistem komputer
digunakan untuk menganalisa bahan-bahan mineral dan barang tambang yang
terdapat di dalam tanah.
G.
Implementasi Komputasi Dalam Bidang Geografi

Geografi adalah ilmu yang mempelajari tentang lokasi serta
persamaan, dan perbedaan (variasi) keruangan atas fenomena fisik, dan manusia
di atas permukaan bumi. Komputasi dalam bidang geologi biasanya di
gunakan untuk peramalan cuaca, di Indonesia khususnya ada salah satu instansi
Negara dengan nama BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) yakni
instansi negara yang meneliti mengamati tentang metereologi klimatologi kualitas
udara dan geofisika supaya tetap sesuai dengan perundang undangan yang berlaku
di Indonesia.
H.
Contoh implementasi komputasi dalam dunia
industry.
Setelah kita membaca dari beberapa contoh implemnetasi
komputasi dari berbagai bidang, kini akan kita bahas salah satu bidang
komputasi yang di implementasikan ke dalam dunia industry. Salah satu
contohnya adalah cabang komputasi dalam bidang Kimia.
Cabang komputasi di dalam bidang kimia di dalam dunia
industry sangat membantu manusia khususnya dalam mempermudah menyelesaikan
pekerjaan. Contohnya adalah Obat, obat merupakan campuran dari beberapa bahan
bahan yang di maksudkan untuk mendiagnosis, mencegah, mengurangi dan
menghilangkan penyembuhan penyakin atau gejala penyakit .
Pentingnya peran obat dalam kehidupan manusia, khususnya
bagi yang sedang sakit, obat merupakan hasil dari produksi industry yang di
buat dari campuran campuran bahan bahan yang telah melalui penelitian dan
ujicoba dengan bahan bahan kimia, yang di bantu denganmenggunakan system komputerisasi
dalam melakukan penelitian tersebut, sehingga mamput terbentuknya obat dan di
gunakan sesuai kebutuhnnya dalam menyembuhkan penyakit manusi
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar